Sunil Soraya Mati-Matian Filmkan Novel Buya Hamka  

Written By Unknown on Rabu, 20 November 2013 | 10.20

TEMPO.CO, Jakarta - Menggarap sebuah karya sastra besar ke dalam sebuah film menjadi tantangan tersendiri bagi produser Sunil Soraya, yang baru saja merampungkan film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck yang diangkat dari novel karya Buya Hamka.

Demi menjaga banyak hal detail seperti penggambaran suasana tahun 1930-an: kapal Van Der Wijck yang tenggelam di Laut Jawa pada 21 Oktober 1936, ia sampai mendatangkan langsung blue print kapal dari Belanda. Untuk semuanya ini Sunil pun rela merogoh kocek lebih dalam.

Tidak hanya itu, persiapan pembuatan film ini pun memakan waktu lima tahun, yang mencakup pembuatan naskah yang berulangkali dibongkar dan ditulis ulang sampai dapat mempertemukan idealisme sutradara dan kebutuhan film sebagai produk industri. "Saya memang ingin membuat film ini sama dengan bukunya," kata Sunil saat ditemui di kawasan Menteng, Selasa, 19 November 2013. "Skrip berhasil dibuat sekitar dua tahun setelah bisa mendapatkan suasana yang tepat menggambarkan suasana Padang, Surabaya tahun 30-an," lanjutnya lagi.

Demi menjaga kemiripan dengan sumber cerita dalam novel, membuat film yang akan dirilis pada tanggal 19 Desember 2013 ini memiliki durasi panjang hingga 2 jam 45 menit.

Sunil mengakui kesulitan yang dihadapi sebagai sutradara adalah saat harus membangun cerita yang kuat agar dapat berimbang dengan kisah dalam novelnya sendiri. "Novelnya memang padat dan panjang konfliknya. Kalau film dibuat pendek dan hanya membela durasi, adanya cuma kisah cinta biasa. Mungkin ini saatnya Indonesia ada film yang panjang," kata dia dengan nada serius.

Sayangnya, Sunil tidak terbuka untuk menyebutkan berapa dana yang ia gelontorkan untuk membuat film yang banyak memakai properti mewah seperti mobil-mobil mewah era 30-an. Begitupun dengan replika kapal yang dikatakan dibuat sangat mirip dengan kapal aslinya. "kalau biaya kapal, kira-kira seharga banyak mobil," ujarnya seraya tertawa.

AISHA


Anda sedang membaca artikel tentang

Sunil Soraya Mati-Matian Filmkan Novel Buya Hamka  

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2013/11/sunil-soraya-mati-matian-filmkan-novel.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sunil Soraya Mati-Matian Filmkan Novel Buya Hamka  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sunil Soraya Mati-Matian Filmkan Novel Buya Hamka  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger