Lukisan Kekasih Gelap Picasso Laku Rp 431 Miliar

Written By Unknown on Kamis, 07 Februari 2013 | 10.20

Rabu, 06 Februari 2013 | 18:21 WIB

TEMPO.CO, London - Balai lelang Sotherby di London baru-baru ini berhasil menjual sebuah lukisan Pablo Picasso dengan harga fantastis, yakni 28,5 juta Poundsterling --setara dengan Rp 431 miliar. Dikutip dari situs Telegraph, Rabu, 6 Februari 2013, lukisan ini tergolong istimewa karena merupakan potret diri dari Marie-Therese Walter, kekasih gelap pelukis asal Spanyol tersebut.

"Lukisan yang memiliki gaya modern ini merupakan salah satu hasil karya Picasso pada masa jayanya," ujar Helena Newman, Kepala Bagian Seni Modern dan Impressionist Sotherby.

Selain lukisan yang berjudul Femme Assise Pres d'une Fenetre (Wanita yang Duduk Dekat Jendela), Marie-Therese kerap menjadi model dalam banyak lukisan terkenal Picasso. Salah satunya adalah lukisan Nude, Green Leaves and Bust yang berhasil dilelang dengan harga 70 juta Poundsterling, dan menjadi lukisan karya Picasso yang termahal. Tidak hanya sebagai model, sosok Marie-Therese dengan rambut pirangnya merupakan sumber inspirasi Picasso, dan dikenal dengan julukan Golden Muse.

Marie-Therese mulai berhubungan dengan Picasso ketika usianya 17 tahun, sedangkan Picasso saat itu berumur 45 tahun. Pada awalnya, hubungan gelap keduanya berhasil ditutupi, sampai sebuah lukisan diri Marie-Therese untuk pertama kalinya digantung di Galeri Georges Petite di laris dan Kunsthaus di Zurich, bersama karya Picasso lain.

Istri sah Picasso, Olga Khokhlova, menyadari adanya wanita lain dalam kehidupan suaminya setelah muncul banyak wajah perempuan yang bukan miliknya dalam berbagai lukisan Picasso. Khokhlova kemudian berpisah dengan Picasso, namun tidak melalui perceraian. Picasso sendiri tidak hanya berhubungan dengan Marie-Therese, namun juga banyak wanita lain.

Hidup Marie-Therese berakhir tragis. Ia bunuh diri empat tahun setelah Picasso meninggal pada 1973.

TELEGRAPH | RATNANING ASIH


Baca juga:
Maharani Buka-bukaan Soal Kasus Sapi
Le Meridien Pastikan Maharani Ditangkap di Kamar
Terima Rp 10 Juta, Maharani: Saya Enggak Munafik
Luthfi Hasan Akhirnya Mengaku Kenal Ahmad Fathanah


Anda sedang membaca artikel tentang

Lukisan Kekasih Gelap Picasso Laku Rp 431 Miliar

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2013/02/lukisan-kekasih-gelap-picasso-laku-rp.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lukisan Kekasih Gelap Picasso Laku Rp 431 Miliar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lukisan Kekasih Gelap Picasso Laku Rp 431 Miliar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger