Film Pahlawan Tak Pernah Mati Tayang 14 Desember

Written By Unknown on Kamis, 12 Desember 2013 | 10.20

TEMPO.CO, Jakarta - Film berlatar sejarah kepahlawanan rakyat Surabaya pada 10 November 1945, Pahlawan Tak Pernah Mati akan tayang di TVRI pada 14 Desember 2013. Tim riset cerita melibatkan sejarawan Asvi Warman Adam.

Menurut Olga Lidya, pemeran utama, film hasil kerja bareng antara Direktorat Kesenian dan Perfilman, Dirjen Kebudayaan, dan Kemendikbud itu sangat inspiratif. Ditemui di Galeri Kaya, West Mall, Grand Indonesia pada 11 Desember 2013, Olga mengatakan, setiap orang pada dasarnya mempunyai sisi kepahlawanan yang siap berkorban bagi negaranya.

Bambang Sulistomo, putra Bung Tomo (alm) mengatakan, pengoirbanan pahlawan itu pengorbanannya jauh melebihi kemampuannya sebagai seorang manusia. "Kebetulan saja, orang tua saya adalah tukang kompor, meski sebenarnya dia orang biasa, dan tinggal di kampung. Hanya saja dia mempunyai kerelaan dan kecintaan yang besar kepada negaranya, sebagaimana jutaan pahlawan nasional yang tak dikenal."

Selain Olga Lidya, film ini juga diperankan oleh aktor Didi Petet, Nungki Kusumaastuti, Erwin Ortecz, dan Teddy Prangi. Sutradara, Kiki Broki dan skenario Adrian Alovian.

Menurut sejarawan LIPI Asvi Warman Adam yang menjadi ketua peneliti film tersebut, kisah ini tentang kepahlawanan rakyat Surabaya melawan tentara Sekutu. Puncaknya pada tanggal 10 November 1945. Dalam film ini, Asvi dan timnya mengisahkan secara komprehensif peristiwa 10 November 1945 dalam kisah-kisah heroik. (Baca : Film Sejarah, Medium Melihat Banyak Perspektif)

Hal paling heroik lainnya dalam peristiwa itu, dalam catatan Asvi, adalah insiden tanggal 19 September 1945 di hotel Yamato, Surabaya, ketika Belanda menaikkan bendera merah putih biru, dan para pemuda meminta bendera itu diturunkan namun tidak dihiraukan. Akibatnya delapan pemuda naik ke atas hotel, dan bagian biru dari bendera itu disobek,"Sehingga berkibarlah bendera merah putih," katanya. 

Selain diputar di televisi, film ini juga akan ditayangkan di sekolah-sekolah lewat 50 mobil keliling.


EVIETA FADJAR

Berita Terpopuler

11-12-13, Foto Ariel & Sophia di Restoran Beredar  
Orlando Bloom Berkencan dengan Liv Tyler 
Justin Bieber, Remaja yang Mencari Jati Diri 
Tika Bravani Deg-degan Menjadi Fatmawati Soekarno
AQJ Sudah Pulih, Manggung di Mal


Anda sedang membaca artikel tentang

Film Pahlawan Tak Pernah Mati Tayang 14 Desember

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2013/12/film-pahlawan-tak-pernah-mati-tayang-14.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Film Pahlawan Tak Pernah Mati Tayang 14 Desember

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Film Pahlawan Tak Pernah Mati Tayang 14 Desember

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger