Rudolf Bonnet dan Arie Smit Pamerkan Karyanya

Written By Unknown on Senin, 25 November 2013 | 10.20

TEMPO.CO, Jakarta -Seni lukis modern di Bali tak bisa dilepaskan dari Belanda. Setidaknya ini yang tercermin dari lukisan yang sedang dipamerkan di Erasmus Huis yang berjudul Modern Balinese Painting- The Relationship with Rudolf Bonnet and Arie Smit.

Pusat kebudayaan Belanda, Erasmus Huis menggelar pameran ini  mulai digelar 23 November- 14 Januari tahun depan. Lembaga ini  menggandeng lima museum seni yakni yakni Puri Lukisan Museum, Neka Art Museum, Agung Rai Museum of Art, Museum Pasifika dan Museum Oei Hong Djien dan dua kolektor. Sejarawan seni, Dr Helena Spanjaard mengkuratori pameran yang digelar di Erasmus Huis ini. 

"Dua seniman Belanda Rudolf Bonnet dan Arie Smit sebagai contoh yang banyak memberi pengaruh pada seni lukis modern di Bali," ujar Ton Van Zeeland, Direktur Erasmus Huis saat konferensi pers di Erasmus Huis, Sabtu, 23 November 2013.

Selain lukisan Bonnet dan Smit, lukisan yang ikut dipamerkan adalah lukisan anak didik atau murid mereka seperti Anak Agung Gede Sobrat dan I Made Sinteg. Keduanya adalah pelopor seni lukis Bali. Ada juga karya I Ketut Soki, I Dewa Putu Bedil, I Ketut Djodol, Ida Bagus Made Poleng, I Wayan Barwa, Anak Agung Gede Raka Puja, I Nyoman Londo, I Wayan Pugur, I Ketut Tagen, I Pageh.

Dua seniman ini datang setelah sebelumnya seniman Jerman Walter Spies. Bonnet dan Smit, menurut Spanjaard mempunyai peran penting terhadap seni lukis dan patung Bali. Itulah makanya, dia memilih beberapa lukisan keduanya serta beberapa muridnya, para pelukis Bali. "Mereka mendorong dan mengembangkan seni lukis Bali dan para senimannya," ujar Spanjaard.

Perubahan yang paling signifikan adalah munculnya seni lukis modern Bali yang mempunyai dimensi, warna, corak, pencahayaan dan perspektif. Semula seni lukis tradisional Bali.

DIAN YULIASTUTI 


Anda sedang membaca artikel tentang

Rudolf Bonnet dan Arie Smit Pamerkan Karyanya

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2013/11/rudolf-bonnet-dan-arie-smit-pamerkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rudolf Bonnet dan Arie Smit Pamerkan Karyanya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rudolf Bonnet dan Arie Smit Pamerkan Karyanya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger