Jakarta Bienalle 2013 Dibuka 9 November

Written By Unknown on Jumat, 08 November 2013 | 10.20

TEMPO.CO, Jakarta-- Pesta seni dua tahunan Jakarta Bienalle kembali digelar. Rangkaian acara pada event ini akan dibuka di Taman Ismail Marzuki pada Sabtu, 9 November, dan akan berakhir pada 30 November mendatang.

Di penyelenggaraan ke-15 ini, terdapat 52 partisipan Jakarta Bienalle. Sebanyak 33 di antaranya berasal dari dalam negeri dan 19 lainnya dari Australia, Korea Selatan, Perancis, Palestina, dan 14 negara lainnya. Secara statistik angka keterlibatan ini menurun dibanding tahun 2011 lalu, dimana acara yang sama melibatkan 157 partisipan.

"Secara poin memang berkurang, tapi keterlibatannya makin luas," ujar Ade Darmawan, Direktur Eksekutif Jakarta Bienalle dalam konferensi pers yang digelar di Taman Ismail Marzuki, Rabu, 6 Oktober 2013. Ia menyebutkan, dalam Jakarta Bienalle kali ini banyak seniman yang melibatkan berbagai komunitas, termasuk juga guru dan siswa sekolah dalam proyek mereka.

Siasat dipilih sebagai tema besar pesta seni ini. Lewat tema tersebut, Jakarta Bienalle ingin melihat praktek artistik masyarakat di tengah keterbatasan, ancaman, dan potensi di ruang kota.

Sanne Oorthuizen, seniman dari Casco, Belanda, menyebutkan bahwa 'Siasat' merupakan tema yang menarik untuk diangkat. "Kurasa ini sangat relevan dengan kondisi dunia sekarang, dimana masyarakat harus merancang strategi dalam menghadapi birokrasi dan kapitaslisme. Tidak hanya sebagai individu, namun juga kelompok," ujarnya.

Kegiatan pameran Jakarta Bienalle tahun ini akan dipusatkan di empat lokasi, yaitu ruang parkir bawah tanah Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki, Museum Seni Rupa dan Keramik, Komunitas Salihara, dan Cemara 6 Galeri. Tak hanya itu, ditampilkan pula mural karya 7 seniman di berbagai wilayah Jakarta, seperti di jembatan layang T.B Simatupang, terowongan jalan R.C Veteran, Kampung Ambon, dan beberapa lokasi lain.

Selain itu akan diadakan beberapa kegiatan lain seperti diskusi, lokakarya, dan tur Bienalle.

RATNANING ASIH


Anda sedang membaca artikel tentang

Jakarta Bienalle 2013 Dibuka 9 November

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2013/11/jakarta-bienalle-2013-dibuka-9-november.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jakarta Bienalle 2013 Dibuka 9 November

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jakarta Bienalle 2013 Dibuka 9 November

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger