Drama Surabaya Membara Kembali Dipentaskan

Written By Unknown on Minggu, 10 November 2013 | 10.41

Pejuang Indonesia bertarung dengan tentara Sekutu dalam teatrikal perang 10 Nopember 1945 di Lapangan Tugu Pahlawan, Surabaya, Minggu (23/6). ANTARA/M Risyal Hidayat

TEMPO.CO, Surabaya - Sebuah drama kolosal bertajuk Surabaya Membara digelar memperingati Hari Pahlawan, Sabtu 9 November 2013. Drama melibatkan sekitar 750 orang non-seniman.

Ketua Pelaksana Surabaya Membara II, Taufik Monyong, mengatakan pihaknya sengaja tidak mengajak para pejabat publik karena drama ini merupakan seni untuk mengedukasi rakyat. "Yang main mereka yang bukan seniman, yang tidak tahu seni, bukan pejabat yang sudah paham seni," kata Taufik, Sabtu 9 November 2013.

Menurut Taufik, dirinya ingin membuka cakrawala baru soal sen dengan menampilkan pemain-pemain rakyat yang awam tentang seni. Tujuannya, untuk memberikan edukasi kepada mereka.

Mereka yang turut berpartisipasi diantaranya anggota Korem 084/Bhaskara Jaya, pelajar sekolah, pedagang kaki lima hingga tukang sapu. "Kalau mengajak pejabat-pejabat itu gaya pertunjukan lama. Sekarang membuka cakrawala baru soal seni," ujarnya.

Sejak tahun lalu, drama kolosal ini menjadi agenda rutin peringatan Hari Pahlawan di Surabaya. Bertempat di Tugu Pahlawan sampai Jalan Pasar Besar, para pemain akan merekonstruksi peristiwa pertempuran pada 10 November 1945 yang dikenal dengan Hari Pahlawan. Semangat pertempuran arek-arek Suroboyo dalam melawan penjajah akan dihadirkan kembali.

Pertunjukan yang dimulai pukul 19.00 WIB ini menggambarkan peristiwa penurunan bendera Belanda, perjuangan tokoh-tokoh saat itu seperti Gubernur Suryo dan Roeslan Abdul Gani. Selama pertunjukan berlangsung, akses jalan menuju Tugu Pahlawan akan ditutup dan dialihkan.

AGITA SUKMA LISTYANTI

Terpopuler
Pengamat: Aburizal Takut Jokowi Nyapres 
Anas Bagi-bagi BlackBerry, Ruhut: Seperti Kentut 
Trik-trik Akil Mochtar: Kalah-Menang Dibikin Duit
Gara-gara Salat, Karyawan DHL Dipecat 
Suami Ratu Atut Meninggal di RSPAD


Anda sedang membaca artikel tentang

Drama Surabaya Membara Kembali Dipentaskan

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2013/11/drama-surabaya-membara-kembali.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Drama Surabaya Membara Kembali Dipentaskan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Drama Surabaya Membara Kembali Dipentaskan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger