Borobudur Writer Festival Digelar 17 Oktober 2013

Written By Unknown on Selasa, 15 Oktober 2013 | 10.20

Pembacaan dan musikalisasi puisi dalam Borobudur Writer Festival 2012, kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (30/10). TEMPO/Suryo Wibowo

TEMPO.CO , Jakarta-Memasuki tahun keduanya, Borobudur Writers and Cultural Festival (BWCF) kembali digelar pada 17 hingga 20 Oktober mendatang. Senada dengan tahun lalu, BWCF kali ini juga mengangkat tema yang berbau sejarah, yaitu "Arus Balik. Memori Rempah dan Bahari Nusantara, Kolonial dan Poskolonial".

Tema ini diambil sebagai perayaan atas sejarah Nusantara yang lahir, tumbuh dan besar dalam peradaban bahari.

Yoke Darmawan, Direktur BWCF menyebutkan bahwa festival yang diselenggarakan oleh Samana Foundation ini ditujukan tidak sebatas untuk penulis saja, namun juga kalangan sejarawan, budayawan, seniman, mahasiswa dan masyarakat umum.

"Tujuannya bukan kumpul-kumpul saja, tapi juga sebagai tempat berdiskusi, referensi, atau pengajuan kritik awal sehingga ide-ide baru terus bergulir,"ujarnya dalam konferensi pers di Kopitiam Oey, Jakarta, Jumat 11 Oktober 2013 lalu.

Ada beberapa jenis acara yang akan diadakan di Hotel Manohara dan Rumah Buku Tera di Borobudur, Jawa Tengah, serta Hotel Royal Ambarukmo dan Hotel Sheraton Mustika di Yogyakarta ini.

Yang pertama adalah diskusi bertema rempah dan kelautan nusantara, dengan 30 pembicara utama, seperti Jaya Suprana, Remy Silado, dan Timbul Haryono. Diadakan pula pertunjukkan musik dan film dengan tema sama, juga penyair dari penjuru Indonesia yang akan membacakan puisinya tentang laut.

"Kita mengundang satu band yang mengolah mantra penangkapan ikan paus dari Lamalera menjadi sebuah pertunjukkan musik berirama jazz," ujar Seno Joko Suyono, sebagai kurator festival ini.

RATNANING ASIH
Berita Terpopuler:
Evan Dimas, Kapten yang Rendah Hati
Eros: SBY Kok Baru Kaget Dinasti Ratu Atut 
4 Modus Suap di Mahkamah Konstitusi
Malaysia Larang Koran Katolik Pakai Kata 'Allah' 
Dua Analisa Pembunuh Holly Angela


Anda sedang membaca artikel tentang

Borobudur Writer Festival Digelar 17 Oktober 2013

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2013/10/borobudur-writer-festival-digelar-17.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Borobudur Writer Festival Digelar 17 Oktober 2013

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Borobudur Writer Festival Digelar 17 Oktober 2013

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger