Menengok Beragam Jenis Kujang di Bandung  

Written By Unknown on Rabu, 11 September 2013 | 10.21

TEMPO.CO, Bandung - Lebih dari seratus kujang dipamerkan di Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat di Jalan Dipati Ukur, Bandung. Dalam pameran yang berlangsung pada 7-12 September 2013 itu, beragam jenis senjata tradisional khas Sunda itu diletakkan berjejer di dalam etalase kaca. Ada yang bentuknya melengkung seperti sabit atau arit, ada pula yang lurus berkelok seperti keris. Namun yang paling banyak adalah kujang dengan wujud melengkung setengah oval, punya beberapa mata, dan ujungnya tajam.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Wiana Sundari, mengatakan pameran kujang digelar untuk mensosialisasikan usaha pengajuan perlindungan hak atas kekayaan intelektual (HKI) ke pemerintah. "Ada tujuh jenis kujang yang diajukan, yaitu kujang Ciung, Kuntul, Badak, Bangkong, Naga, Wayang, dan Jago," ujarnya.

Ditetapkannya tujuh jenis kujang itu karena temuannya cukup banyak. Berdasarkan riset dan kajian data dinas serta para akademisi selama setahun ini, sebenarnya masih banyak jenis kujang lain yang tersebar di Jawa Barat. Kujang yang dipamerkan di museum, menurut Wiana, milik para kolektor dan pengrajin, seperti Rahmat Taufiq Hidayat, Aris Kurniawan, Tedi Permadi, Budi Setiawan, Gun Gun Gunardi, dan Wahyu Afandi Suradinata. Sebagian lagi milik Museum Sri Baduga Bandung dan Museum Prabu Geusan Ulun Sumedang.

Selain jenisnya yang beragam, kujang juga punya banyak fungsi dan arti. Bagi kolektor seperti Aris Kurniawan, benda pusaka itu bukanlah senjata seperti keris atau perkakas, melainkan simbol belaka. "Kujang merupakan tosan aji atau perlambangan dari nilai-nilai luhur adat Sunda," katanya.

Kolektor kujang lainnya, Tedi Permadi, kujang punya arti lebih, mulai dari senjata tajam tradisional yang tidak berkesan mengancam orang lain, pusaka yang disakralkan oleh masyarakat adat, hingga dianggap sebagai jimat, teman keberanian, dan benda pusaka bernilai uang.

ANWAR SISWADI


Anda sedang membaca artikel tentang

Menengok Beragam Jenis Kujang di Bandung  

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2013/09/menengok-beragam-jenis-kujang-di-bandung.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Menengok Beragam Jenis Kujang di Bandung  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Menengok Beragam Jenis Kujang di Bandung  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger