Pencipta Karakter Yoda Star Wars Meninggal

Written By Unknown on Jumat, 08 Februari 2013 | 10.20

Kamis, 07 Februari 2013 | 19:43 WIB

TEMPO.CO, Jakarta -Para penyuka film Star Wars pasti tak asing dengan tokoh Yoda, makhluk kerdil berkuping panjang, botak sedikit berbulu. Penata rias sekaligus pencipta karakter Yoda, Stuart Freeborn telah meninggal dunia Selasa, kemarin waktu setempat. 

Freeborn meninggal dunia pada usia 98 tahun. LucasFilm membenarkan meninggalnya sang tokoh dengan segala warisan yang tak terlupakan hari ini. 

"Dia tak hanya membawa puluhan tahu pengalamannya tetapi juga energi yang tak terbatas," ujar Sutradara Stars Wars George Lucas. Dia juga mengatakan seni dan hasil karyanya ini akan hidup selamanya dalam karakter bintang Stars Wars.

Berita meninggalnya Freeborn juga dibenarkan oleh cucunya, Michelle Freeborn. Menurut Michelle, kakeknya meninggal di London pada Selasa, waktu setempat disebabkan kombinasi sakit di usia tuanya. Dia mengatakan terinspirasi kakeknya sehingga memutuskan terjun ke dunia film, dunia yang ditekuni kakeknya itu.

Freeborn lahir di London pada 1914. Dia menghabiskan enam dekade hidupnya di dunia film klasik termasuk Stanley Krubick pada 2001. Ayahnya seorang broker asuransi Llyod. Freeborn mulai mengawali karirnya filmnya di tahun 1930-an. Dia bekerja untuk Alexander, seorang sutradara kelahiran Hungaria sutradara dan mengasah keterampilan tata rias pada pada bintang termasuk Marlene Dietrich dan Vivien Leigh.

Setelah menjalani wajib militer selama Perang Dunia Kedua, dia pun kembali ke dunia film klasik Inggris, termasuk dalam film The Life and Death of Colonel Blimp and David Lean's 1948 versi Oliver Twist . Dia lalu bekerja pada Kubrick, mengubah Peter Sellers menjadi beberapa karakter untuk Dokter Strangelove Dokter sebelum merancang urutan kera menjadi Man, di mana primata bereaksi terhadap monolit misterius, kisah dalam Space Odyssey .

Freeborn lalu dikenang karena dia menciptakan karakter dalam film Star Wars yakni karakter Chewbacca wookie dan Jabba. Dia mungkin akan dikenang karena karyanya pada Star Wars menciptakan karakter seperti Chewbacca wookie 7ft tinggi dan siput-seperti Jabba the Hutt.

Irvin Kershner yang menyutradarai Empire Strikes Back akan mengatakan Freeborn seperti benar-benar menempatkan dirinya dalam karakter Yoda. "Sebagai sosok master Jedi yang ingin tahu, nakal," ujar Kershner. Dia juga menjelaskan Freeborn menciptakan karakter Yoda sebagian terinspirasi oleh Albert Einstein.

Istri dan tiga anaknya telah meninggal dunia sebelumnya. Dia meninggalkan tujuh cucu dan beberapa buyut.

GUARDIAN/DIAN YULIASTUTI


Anda sedang membaca artikel tentang

Pencipta Karakter Yoda Star Wars Meninggal

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2013/02/pencipta-karakter-yoda-star-wars.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pencipta Karakter Yoda Star Wars Meninggal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pencipta Karakter Yoda Star Wars Meninggal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger