Nama Sting Diambil dari Sweater Lebah

Written By Unknown on Jumat, 14 Desember 2012 | 10.20

Jum''at, 14 Desember 2012 | 07:09 WIB

TEMPO.CO, Jakarta-–Penyanyi kawakan asal Inggris, Sting, lahir di Wallsend, Newcastle, Inggris, pada 2 Oktober 1951. Ketika itu, anak sulung dari empat bersaudara ini belum dipanggil Sting. Nama aslinya adalah Gordon Matthew Thomas Sumner.

Sting lahir dari pasangan Audrey dan Ernest Matthew Sumner. Sang ibu adalah piñata rambut dan ayahnya bekerja sebagai pemerah susu. "Sejak kecil, keduanya mendidik Sting dalam lingkungan Katolik Yesuit yang kolot," tulis Majalah Tempo edisi 10-16 Desember 2012.

Hingga remaja, pelantun lagu Roxanne ini masih memakai nama Gordon. Sedangkann sentuhannya dengan dunia musik baru terjadi ketika dia kuliah di Northern Counties College of Education, kini Northumbria University, di Newcastle. Kala itu, Sting sempat mencuri-curi waktu untuk tampil di klub malam setempat. Ia naik panggung bersama grup jazz, Phoenix Jazzmen dan Newcastle Big Band.

Bersama Phoenix Jazzmen lah julukan Sting muncul. Malam itu, kala tampil dengan Phoenix Jazzmen, ia mengenakan sweater garis-garis hitam-kuning mirip lebah. Sejak itulah dia kerap dipanggil Sting, yang berarti menyengat. "Julukan itu jadi nama panggungnya yang sangat populer hingga sekarang."

Karier musik profesional Sting dimulai ketika ia hijrah dari Newcastle ke London, Di sana ia bertemu Stewart Copeland dan Andy Summers. Mereka kemudian membentuk The Police pada 1977, dengan anggaran minim tapi energi tinggi. Trio ini menyuguhkan musik dengan ramuan rock yang tak mendayu seperti Eagles, tidak seliar Rollling Stones, dan tak seeksperimental Pink Floyd.

Pada 1985, Sting memutuskan berkarier solo. Album pertamanya, The Dream of the Blue Turtles, langsung mencuri perhatian. Album itu muncul dengan warna musik sangat jazz, yang benar-benar sangat berbeda dengan music usungan The Police.

Kini Sting tengah bersiap konser Back to Bass Tour 2012 di Mata Elang International Stadium, Jakarta, pada 15 Desember 2012. Dalam pertunjukan itu, Sting berencana menyanyikan 15 tembang yang kebanyakan diambil dari lagu era The Police.

MAJALAH TEMPO | CORNILA DESYANA


Anda sedang membaca artikel tentang

Nama Sting Diambil dari Sweater Lebah

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2012/12/nama-sting-diambil-dari-sweater-lebah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Nama Sting Diambil dari Sweater Lebah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Nama Sting Diambil dari Sweater Lebah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger