Slamet Gundono Luncurkan Julung Sungsang

Written By Unknown on Rabu, 21 November 2012 | 10.20

Rabu, 21 November 2012 | 04:53 WIB

TEMPO.CO , Jakarta:Seniman tradisi kawakan Slamet Gundono bersama komunitas Wayang Suket serta Komunitas Budaya Banyu Bening Yogyakarta Rabu 21 November 2012 malam ini menggelar refleksi budaya sekaligus meluncurkan album kelima bertajuk Julung Sungsang: Dubang.

Acara digelar di Joglo Kapulagan, jalan Kapulaga 242, Nologaten, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta mulai pukul 19.30 WIB. Slamet akan menampilkan repertoar diselingi atraksi monolog budayawan sekaligus konseptor pentas Ki Herman Sinung Janutama dari Komunitas Banyu Bening.

Teguh Puji Harsono, produser pentas sekaligus pegiat Komunitas Budaya Banyu Bening, ditemui Tempo mengatakan selama dua jam lebih, Slamet Gundono bersama Herman Sinung akan mengelaborasi tentang perspektif tanda-tanda jaman. "Pada saat pembukaan Gus Nas atau Kyai Haji Nasruddin Anshori dari pondok pesantern Ilmu Giri, Bantul akan melakukan orasi budaya dulu," kata Teguh.

Teguh mengatakan, pentas dipersiapkan selama empat bulan oleh Herman Sinung yang menelaah simbol-simbol pelbagai situs bersejarah seperti candi dan peninggalan budaya di Jawa. "Dari penelitian itu kemudian simbol-simbol yang ada diterjemahkan dalam bentuk pentas gerak dan wayang oleh Slamet," kata dia.

Secara materi, konsep yang diusung dalam pementasan kali ini menyoroti terbaliknya tanda-tanda jaman sehingga semakin susah dibaca manusia. Khususnya tanda-tanda yang diberikan melalui pemerintahan di tanah air."Soal negara kaya garam tapi impor garam, kaya sawah tapi impor beras," kata dia.

Dalam pementasan yang juga melibatkan Suprapto Suryodarmo (Padepokan Lemah Putih, Solo) serta Estefania Pifano (Spiritualist Dancer Venezuela) itu akan diisi penuh dengan repertoar sebagain dari tujuh lagu dari album kelima Slamet, seperti Julung Sungsang, Pengantenku, dan Gusti Maha Dalang. Semua repertoar ditampilkan dalam bahasa Jawa yang diringi karawitan dan musik ornamen Wayang Suket.

PRIBADI WICAKSONO

Berita Terpopuler
Jakarta Banjir, Gisel Bela Jokowi 
Film The Hobbit Hadapi Tuduhan Menyiksa Hewan 
Ngayogjazz 2012, Swasembada Jazz di Riuh Hujan 
Lapak Rezeki di Seputar Panggung Ngayogjazz
Ekspresi Jiwa Nana Melalui Bunga  


Anda sedang membaca artikel tentang

Slamet Gundono Luncurkan Julung Sungsang

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2012/11/slamet-gundono-luncurkan-julung-sungsang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Slamet Gundono Luncurkan Julung Sungsang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Slamet Gundono Luncurkan Julung Sungsang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger