Sawung Jabo dan Sirkus Barock Luncurkan Album Baru  

Written By Unknown on Jumat, 02 November 2012 | 10.20

Kamis, 01 November 2012 | 13:04 WIB

TEMPO.CO, Yogyakarta - Sawung Jabo bersama kelompok Sirkus Barock dan sejumlah musikus muda asuhannya akan melepas album terbaru berjudul Anak Angin di Gedung Societiet Taman Budaya Yogyakarta, Kamis malam ini, 1 November 2012, pukul 19.30. Dalam album keenamnya ini, Sawung Jabo menampilkan 11 lagu yang dua di antaranya merupakan lagu lama, yaitu Goro-Goro dan Tuhan Itu…?.

Album ini proses pembuatannya berlangsung selama tujuh bulan, sejak dimulai awal tahun lalu. Peluncurannya akan dilakukan lewat lewat konser perdana gratis yang melibatkan kelompok orkestra dari Institut Seni Yogyakarta. "Sirkus Barock lahir di sini, besar di sini, banyak mendapat ilmu dari sini, maka ini gratis," ujar Jabo.

Musikus bernama asli Mochamad Djohansyah itu menuturkan, pada album terbarunya ini, dia sengaja "mengerem" segala aktivitas dalam merespons dunia luar. "Kali ini, saya tidak lagi gegap gempita menyerang keluar, tapi menyerang ke dalam diri saya sendiri. Separuhnya lebih berisi kontemplasi, kritik ke dalam," kata Jabo.

Jabo dengan Barock selama ini dikenal getol memasukkan lirik keras tentang keadaan sosial yang terjadi di Tanah Air, khususnya praktek politik ngawur, pemerintahan yang kacau, juga konflik horizontal yang makin panas. "Sekarang semua realitas yang pernah dilihat itu disarikan kembali, direnungkan untuk melihat diri sendiri."

Jabo mengungkapkan, kesulitan yang dia alami selama membuat album keenam ini adalh ketika dia mencoba menerjemahkan kontemplasi atas hidupnya kepada personel Sirkus Barock. "Sulit sekali menerjemahkan hasil perenungan pribadi agar menjadi satu penghayatan yang klop dengan personel yang banyak jumlahnya," kata musikusi kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 4 Mei 1951 itu. Album ini diproduksi pertama sebanyak 1.000 keping.

Pegiat komunitas jazz Yogyakarta, Aji Wartono, mengatakan album ini bukan sekadar penggambaran reaksi terhadap realitas kehidupan sehari-hari masyarakat, tapi juga hasil aksi dan reaksi kontemplasi Jabo dan Barock dalam memaknai kenyataan. Sebelumnya, pada pukul 15.30, digelar acara "Nyawung Jaboan", berupa pentas sejumlah kelompok yang dipelopori Folk Mataram Institute yang membawakan karya Sawung Jabo.

PRIBADI WICAKSONO


Anda sedang membaca artikel tentang

Sawung Jabo dan Sirkus Barock Luncurkan Album Baru  

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2012/11/sawung-jabo-dan-sirkus-barock-luncurkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sawung Jabo dan Sirkus Barock Luncurkan Album Baru  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sawung Jabo dan Sirkus Barock Luncurkan Album Baru  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger