Pameran Pak Tino Sidin di Yogyakarta

Written By Unknown on Senin, 12 November 2012 | 10.20

Senin, 12 November 2012 | 04:30 WIB

TEMPO.CO , Jakarta--Pameran bertajuk "Ya. Bagus. Tino Sidin" itu selama sepekan lebih akan dipamerkan di Gedung Museum Bank Indonesia - Yogyakarta, Jl. Panembahan Senopati No. 4-6, Yogyakarta.

Panitia pameran tersebut EKa Wahyu menuturkan karya yang dipamerkan meliputi sketsa, karya lukis, buku-buku panduan menggambar, karya komik, ilustrasi film, video siaran dan lain-lain.

"Beberapa karya yang dipamerkan ada yang belum pernah dipublikasikan sama sekali," kata dia, Ahad 11 November 2012.

Pameran yang digelar di Gedung Museum Bank Indonesia Yogyakarta tanggal 16-25 November 2012 ini bertepatan dengan bulan kelahiran Tino Sidin, yakni tanggal 25 November (bulan Tino Sidin).

Pemilihan pameran dilakukan di Gedung Museum Bank Indonesia karena gedung itu merupakan bagian sejarah perjalanan karier Tino Sidin di mana saat tahun 70-an Tino berpartner dengan Bank Indonesia Yogya dalam pembuatan reklame program Tabanas dan Taska.

"Acara pameran ini sekaligus program sosialisasi rencana pendirian rumah Tetenger (museum sederhana) Taman Tino Sidin di Kadipiro, Kasihan, Bantul, Yogyakarta," kata Eka.

Kurator pameran Mieke Susanto menuturkan Tino Sidin sampai kini tidak dinilai eksis sebagai pelukis, meskipun karya seni lukisnya ratusan jumlahnya. Hal ini mencuat karena berbagai aktivitasnya yang lebih didominasi oleh kegiatan mendidik anak-anak melalui gambar dan buku.

"Padahal meskipun disebut pendidik atau guru, ia tak mengajar di sebuah sekolah formal dan tidak memiliki gelar akademik. Ia tidak punya sekolah, tetapi muridnya jutaan," kata dia.

Eka menuturkan pameran ini pun digelar sebagai apresiasi demi mengenang kembali karya jasa Tino Sidin sebagai salah satu pendidik seni lukis anak. Tino dinilai telah memberi sajian khususnya bagi warga Yogyakarta tentang seni lukis dan sketsa karya.

Pameran ini rencananya akan dibuka langsung Raja Keraton yang juga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwana X.

PRIBADI WICAKSONO


Anda sedang membaca artikel tentang

Pameran Pak Tino Sidin di Yogyakarta

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2012/11/pameran-pak-tino-sidin-di-yogyakarta.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pameran Pak Tino Sidin di Yogyakarta

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pameran Pak Tino Sidin di Yogyakarta

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger