Ebiet G. Ade Tak Sengaja Jadi Penyanyi

Written By Unknown on Kamis, 22 November 2012 | 10.20

Kamis, 22 November 2012 | 03:05 WIB

TEMPO.CO , Jakarta: Siapa yang tak mengenal penyanyi Ebit G. Ade. Segudang reportoar lagu yang populer sudah ia lahirkan sejak era 70an. Namun siapa sangka, pria berusia 58 tahun ini tak pernah terpikir untuk terjun ke dunia musik yang sudah membesarkan namanya sampai sekarang.

"Keinginan saya justru ingin jadi penyair, penulis, bahkan pengen jadi wartawan. Tapi Tuhan berkehendak lain," kata Ebiet saat berbincang dengan Tempo di Kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa, 20 November 2012.

Kecintaannya pada dunia sastra semakin bergelora saat ia bersahabat dengan para seniman muda di Yogyakarta pada 1971. Nama-nama seperti Emha Ainun Nadjib, Eko Tunas, dan E.H Kartanegara merupakan teman seperjuangannya pada saat itu.

Tapi dari kepiawaian Ebiet mengarang tulisan indah tak sejalan dengan kemampuannya mendeklemasikan puisi. Kemudian, ia mencari cara lain, yakni dengan bantuan alat musik. Dari sana dimulailah tonggak sejarah Ebiet menyukai seni bebunyian.

"Jadi tak ada pretensi untuk populer. Kalo populer itu bonus saya kira. Saya juga tidak memikirkan untuk mempertahankan popularitas," ujarnya.

Menurut Ebiet, jalan yang dijalaninya sekarang merupakan garis yang sudah ditentukan Tuhan. Ia hanya bisa bersyukur dan berusaha konsisten menikmati anugerah sebagai penyanyi dan pencipta lagu. "Pada akhirnya menikmati dan menghayati dengan syukur." Kata pelantun Berita kepada Kawan ini.

Saat ini Ebiet tengah mempersiapkan album baru. Menurut dia, usia uzur bukan jadi halangan untuk terus berkarya. "Mubazir hidup ini kalo tidak dipakai untuk sesuatu yang sesuai dengan kemampuan kita," ujarnya sambil tersenyum.

YAZIR FAROUK

Terpopuler:
Jakarta Banjir, Gisel Bela Jokowi 
Musisi Jepang Akan Bawakan Lagu SBY
James Bond Ternyata Buka Lowongan Penulis Skenario
James Franco Libatkan Lindsay Lohan di Klip R.E.M 
Garap Album Baru, Ebiet G. Ade Tetap Eksis 
Meneriakkan Aceh dari Kota ke Kota  


Anda sedang membaca artikel tentang

Ebiet G. Ade Tak Sengaja Jadi Penyanyi

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2012/11/ebiet-g-ade-tak-sengaja-jadi-penyanyi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ebiet G. Ade Tak Sengaja Jadi Penyanyi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ebiet G. Ade Tak Sengaja Jadi Penyanyi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger