Sang Kyai Film Terbaik FFI 2013

Written By Unknown on Minggu, 08 Desember 2013 | 10.20

Tokoh Nahdathul Ulama Solahuddin Wahid (kiri) bersama pendukung film Sang Kyai, Ikranegara (kedua kiri), Christine Hakim dan Agus Kuncoro menghadiri penayangan film Sang Kyai di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta (21/5). ANTARA/Teresia May

TEMPO.CO, Semarang - Film "Sang Kyai" karya sutradara Roko Prijanto menjadi film terbaik dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2013. Sang Kyai yang diproduk Rapi Film ini juga meraih tiga penghargaan dalam kategori lain yakni sutradara terbaik (Roko Prijanto), peran pendukung pria terbaik (Adipati Dolken), dan penata suara terbaik (Khikmawan Santosa, M Ikhsan, Yusuf A Pattawari). 

Pengumuman pemenang disampaikan pada malam puncak FFI yang berlangsung di Semarang, Sabtu malam (7 Desember 2013) hingga Minggu dini hari (8 Desember 2013). Sementara pameran utama wanita terbaik jatuh kepada Adinia Wirasti dalam film "Laura dan Marsha". Lalu pemeran utama pria terbaik diraih Reza Rahardian dalam film "Habibie dan Ainun". 

"Sang Kyai" mengungguli empat nominator lainnya yakni Belenggu (karya sutradara Upi Avianto), 5 Cm (Rizal Mantovani), Laura dan Marsha (Dinna Jasanti), serta Habibie dan Ainun (Faozan Rizal). "Film ini akan kami bawa ke ajang piala Oscar di Hollywood mewakili Indonesia untuk kategori film asing terbaik pada 9 Desember 2013 nanti," kata Gope Samtani, pemilik Rapi Film. 

Film "Sang Kyai" bercerita tentang salah seorang pejuang kemerdekaan yang juga tokoh Nahdlatul Ulama, KH. Hasyim Asy'ari. Film ini dibintangi Ikra Negara, Christine Hakim, Agus Kuncoro, Adipati Dolken, Meryza Batubara, Norman Akuwen, Dimas Aditya dan Suzuki Naburo.

Sebelumnya, Remy Silado, salah seorang juri, mengatakan, kelima film yang menjadi nomine memiliki kualitas bagus dari berbagai aspek penilaian. "Semuanya layak mendapatkan piala citra," ujarnya Jumat lalu. Dia mengklaim kualitas FFI tahun ini lebih bagus dari sebelumnya.

SOHIRIN 


Anda sedang membaca artikel tentang

Sang Kyai Film Terbaik FFI 2013

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2013/12/sang-kyai-film-terbaik-ffi-2013.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sang Kyai Film Terbaik FFI 2013

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sang Kyai Film Terbaik FFI 2013

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger