Bunda Iffet: Slank Punya 4 Kunci dalam Berkarya  

Written By Unknown on Sabtu, 30 November 2013 | 10.20

TEMPO.CO, Yogyakarta -Grup musik Slank masih terus berkarya di usianya yang telah mencapai 30 tahun. Manajer Slank Iffet Veceha Siddharta, yang akrab disapa Bunda Iffet, membeberkan resep dapur rahasia Slank tatkala menciptakan karya yang membuat penggemarnya makin cinta.

"Ada yang tidak berubah dalam pola kerja Slank selama 30 tahun terakhir dalam berkarya," kata Iffet ketika ditemui Tempo ketika menemani Slank mengisi acara di Kantor Radio Geronimo FM Yogyakarta, Selasa petang, 19 November 2013.

Pola kerja yang senantiasa dijaga oleh grup yang kini memiliki 20 album itu adalah visi dan pembagian tugas yang jelas, khususnya dalam menciptakan lagu.

Slank, kata Iffet, punya empat unsur untuk dijadikan pegangan dalam melihat  persoalan sebelum dituangkan dalam lirik-lirik lagu. Keempat unsur itu adalah cinta, sosial, lingkungan, dan gerakan kepemudaan atau youth movement.

"Semua unsur itu diramu bersama para personel, lalu dibahas apa yang mewakili kondisi sekarang dan mulai dicari referensi untuk membuat lirik yang sederhana seusia karakter Slanker tapi kuat," kata dia.

Di balik sifatnya yang slengean dan terkesan liar, Iffet menilai Slank cukup profesional dalam menjalani prosesi dalam membuat karya itu. Terlepas dari aksi konser yang kadang terlihat ugal-ugalan. Misalnya saja adanya pembagian tugas yang tak berubah saat Bim Bim (drum), Kaka (vokal), dan Ivan (bass) kebagian membuat lirik. Kemudian Abdi (gitar) dan Ridho (gitar) kebagian menciptakan melodi dari lirik yang dibuat. 

"Kadang komposisi pembagian tugas itu juga fleksibel, satu lagu liriknya bisa dibuat keroyokan begitu juga melodinya. Tapi itu tak sering," kata Iffet yang mulai menangani grup asal Gang Potlot itu sejak tahun 1996.

Selain itu, kata Iffet, Slank juga tak berubah soal idealisme. Slank memainkan peran sebagai 'pengawas' dari luar berbagai kondisi dan tak terlibat langsung dalam politik praktis, sehingga para personelnya tidak gampang tersekat oleh satu prinsip-prinsip tertentu.

"Saya juga tidak merestui kalau mereka terjun ke politik. Seperti ini saja," kata perempuan yang kerap dijuluki sebagai anggota ke enam Slank itu sembari tersenyum. (Baca: Edisi Khusus 30 Tahun Slank)

PRIBADI WICAKSONO

Berita lainnya: 
KPAI Dukung Duel Tinju El dan Farhat Abbas
Farhat Abbas Sebut Dirinya Petinju Kelas Berat  
Model Egidia Sawitri Meninggal  
Kak Seto Khawatir Duel El dan Farhat akan Ditiru  
Dhani: Keluarga Saya Memang Suka Berantem  


Anda sedang membaca artikel tentang

Bunda Iffet: Slank Punya 4 Kunci dalam Berkarya  

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2013/11/bunda-iffet-slank-punya-4-kunci-dalam.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bunda Iffet: Slank Punya 4 Kunci dalam Berkarya  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bunda Iffet: Slank Punya 4 Kunci dalam Berkarya  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger