Perjalanan Butet Manurung Difilmkan

Written By Unknown on Senin, 16 September 2013 | 10.20

Aktor senior Mathias Muchus saat menghadiri penayangan perdana film Madre di XXI Epiwalk, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (26/3) malam. Film yang dibuat berdasarkan novel Madre karya Dewi Lestari ini disutradarai oleh Benny Setyawan dengan pemeran utama Vino G.Bastian, Laura Basuki dan Didi Petet. TEMPO/Dwianto Wibowo

TEMPO.CO , Malang:Sutradara Riri Reza mengangkat perjalanan Saur Marlinang Manurung yang juga dikenal sebagai Butet Manurung, dalam mendidik suku anak dalam ke layar lebar.  "Kami sudah melakukan observasi selama berbulan-bulan," kata aktor Mathias Muchus, yang menjadi produser film ini, di Malang, Jawa Timur, Ahad, 15 September 2013.

Film ini diangkat dari buku Sokola Rimba atau Sekolah Rimba yang mengisahkan upaya Butet mengajar suku di Jambi ini sejak tahun 1999. Butet tak pantang menyerah untuk mengajar mereka meski sering diusir oleh suku anak dalam.

Suku anak dalam menolak pendidikan sebagaimana penolakan mereka terhadap budaya dari luar. "Butet merupakan sosok pendidik yang konsisten memperjuangkan suku anak dalam," kata Mathias.

Butet berupaya dengan berbagai cara untuk mendekati suku anak dalam. Satu diantara upaya itu adalah menyakinan kepada mereka bahwa pendidikan layak membuat orang tidak mudah ditipu. Butet yang lulusan antropologi Universitas Padjadjaran Bandung bahkan membagikan buku tulis dan pensil bagi anak didiknya. Murid yang tak mendapatkan alat tulis memanfaatkan ranting untuk menulis di atas tanah.

Mathias Muchus dalam film ini memang tak berperan sebagai aktor. Dia berada di balik layar. Mathias bersama istrinya Mira Lesmana merupakan produser film yang diangkat dari kisah nyata ini. Film ini rencananya sudah diluncurkan pada November 2013.

EKO WIDIANTO

Topik Terhangat
Penembakan Polisi | Edsus Sisca Yofie | Pencurian Artefak Museum | Jokowi Capres? | Miss World

Berita Terkait
Rafika Duri Tersanjung Ikut Bernyanyi di Album SBY
Sambil Mandi, Tiap Hari Lala Karmela Periksa Payudara
Cinta Laura Pesta Halloween Bersama Kim Kardashian 
Maria Selena Mulai Cek Payudara Sejak SMP


Anda sedang membaca artikel tentang

Perjalanan Butet Manurung Difilmkan

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2013/09/perjalanan-butet-manurung-difilmkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Perjalanan Butet Manurung Difilmkan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Perjalanan Butet Manurung Difilmkan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger