Joshua Rilis Unduhan Gratis Film Jagal

Written By Unknown on Sabtu, 31 Agustus 2013 | 10.20

TEMPO.CO, Jakarta - Joshua Oppenheimer, sutradara film dokumenter The Act of Killing (Jagal), akan menyediakan unduhan gratis film digital Jagal khusus untuk masyarakat Indonesia mulai 30 September 2013. Film sepanjang 159 menit itu hanya dapat diunduh dari Indonesia karena diblok secara geografis (geo-blocked), melalui situs www.actofkilling.com. Program ini didukung oleh Drafthouse Films, VICE, Final Cut for Real ApS, dan VHX.

"Sejarah pembantaian 1965 adalah milik rakyat Indonesia, dan dengan alasan itulah kami bermaksud untuk memberikan film ini kepada seluruh rakyat Indonesia," kata Joshua dalam siaran persnya yang diterima Tempo pada Rabu lalu.

Film Jagal merekam satu sisi dari episode kelam pembantaian anggota dan orang yang dituduh sebagai anggota Partai Komunis Indonesia di Medan pada 1965-1966. Secara khusus, film itu mengangkat pengakuan Anwar Congo, bekas tukang catut karcis bioskop yang kemudian jadi pembantai komunis.

Anwar punya teknik khusus menjerat leher orang yang ia tuding anggota PKI agar darah tak muncrat membanjiri lantai. Penggemar Elvis Presley dan James Dean itu mengatakan sering membunuh sembari menari cha-cha. "Saya menghabisi orang PKI dengan gembira," katanya.

Sejak dirilis tahun lalu, film Jagal telah dianugerahi sejumlah penghargaan, termasuk dua penghargaan dalam Festival Film Berlin 2013 di Jerman, yakni Panorama Audience Awards untuk kategori dokumenter dan The Prizes of the Ecumenical Jury. Juni lalu, film ini juga meraih seabrek penghargaan dari berbagai festival, seperti Sheffield Documentary Festival di Inggris, Biografilm Festival 2013 di Italia, Grimstad Short dan Documentary Film Festival di Norwegia, dan Royal Anthropological Institute Film Festival 2013 di Skotlandia.

"Penonton yang paling penting untuk The Act of Killing adalah penonton Indonesia," kata Signe Byrge Sorensen, produser Jagal. "Bersama dengan mitra-mitra Indonesia anonim kami, kami siap mencapai penonton Indonesia, dan debat nasional penting telah dimulai. Membuat film ini tersedia bagi seluruh masyarakat Indonesia melalui akses Internet akan memperluas debat ini secara dramatis, dan memberi manfaat dalam melanjutkan perjuangan untuk kebenaran, rekonsiliasi, dan keadilan di Indonesia," kata produser Final Cut for Real ApS itu.

KURNIAWAN

Berita Terkait
Edisi Khusus Film Pengkhianatan G 30 S/PKI
Pembuatan Film Jagal Menyakitkan Sutradaranya
Film Jagal, Apa Kata Franz Magnis Suseno?
Burhan Kampak, Jagal Pemburu PKI
Pemerintah Belum Mau Minta Maaf atas Tragedi 1965
Pastor Ini Menolak Pembantaian PKI di NTT
Anwar Congo Protes Film 'The Act of Killing'
Wawancara Sutradara Film Jagal: Akting Anwar Congo
Untuk Tabok PKI, Tentara Pinjam Tangan Rakyat


Anda sedang membaca artikel tentang

Joshua Rilis Unduhan Gratis Film Jagal

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2013/08/joshua-rilis-unduhan-gratis-film-jagal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Joshua Rilis Unduhan Gratis Film Jagal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Joshua Rilis Unduhan Gratis Film Jagal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger