Padepokan Cak Nun Pentaskan Karya Anton Chekov

Written By Unknown on Jumat, 08 Maret 2013 | 10.20

Emha Ainun Nadjib membaca puisi dalam gladi resik pentas teater berjudul "Nabi Darurat Rasul Ad-Hoc" di Gedung Kesenian Jakarta, Pasar Baru, Jakarta, Kamis (8/3) malam. Nabi Darurat Rasul Ad-Hoc merupakan refleksi terbaru Emha Ainun Nadjib terhadap carut marut keadaan manusia di bumi dan akan dipentaskan 9 Maret 2012. TEMPO/Agung Pambudhy

Kamis, 07 Maret 2013 | 19:48 WIB

TEMPO.CO, Yogyakarta - Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun akan menggelar uji peluncuran padepokan seninya Sanggar Kreativitas Manusia Yogyakarta yang terletak di Jalan Barokah nomor 287 Kadipiro, Bantul, Yogyakarta Jumat 8 Maret 2013.

Menurut juru bicara padepokan, Eko Nuryono, pada acara itu akan digelar pentas drama komedi  satu babak berjudul "Orang Kasar" karya Anton Chekov yang disadur almarhum WS Rendra. "Ini masih sebagai pemanasan sebelum di-launching," kata Eko Kamis 7 Maret 2013.

Pentas lakon teater di padepokan Cak Nun itu diisi komunitas dari Sanggar Kemanusiaan (Sarem) Yogyakarta. Lakon `Orang Kasar` berkisah tentang dua orang, seorang janda dan penagih hutang, yang saling berlaku kasar dalam tindakan maupun kata-kata. Tapi pada akhirnya keduanya jatuh cinta.

Janda itu, Nyonya Martopo, terus berkabung atas kematian suaminya, untuk membuktikan dia tetap setia, meski dia tahu sang suami mengkhianatinya. Celakanya, sang suami juga mewariskan hutang. Hidup sang janda terusik dengan kedatangan penagih hutang, Baitul Bilal. Nyonya Martopo menolak membayar hutang suaminya. Terjadilah adegan histeris, humoris, dan akhirnya romantis.

Sebelumnya Emha mengutarakan keinginannya untuk menjadikan kediamannya menjadi wadah interaksi para pelaku seni dan budaya. "Yang penting ada kegiatan seni dan budaya yang bisa terus berinteraksi di sini," katanya. Menurut dia, keberadaan ruang seni di Yogyakarta perlu tumbuh lebuh meyebar dan masuk ke berbagai pelosok kampung sehingga mampu lebih dekat dengan warga.

PRIBADI WICAKSONO

Berita Terpopuler:
Jokowi Pun Dibuat Iri Warga Rusun Marunda
Anas: Saya Tak Pernah Mundur dari Ketua Umum
'Bisnis Mari Bergaul' yang Membuat Anas Tajir 
Pelaku Mutilasi di Tol Suami Sendiri
Mapolres OKU Dibakar, Brimob Polda Siaga Penuh 


Anda sedang membaca artikel tentang

Padepokan Cak Nun Pentaskan Karya Anton Chekov

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2013/03/padepokan-cak-nun-pentaskan-karya-anton.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Padepokan Cak Nun Pentaskan Karya Anton Chekov

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Padepokan Cak Nun Pentaskan Karya Anton Chekov

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger