Laskar Pelangi Jadi Buku Best Seller Internasional

Written By Unknown on Selasa, 12 Februari 2013 | 10.20

Selasa, 12 Februari 2013 | 07:56 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Penulis Andrea Hirata behasil mengharumkan nama sastra Indonesia di dunia Internasional dengan salah satu bukunya. "Ini buku Indonesia pertama yang tercetak Internasional Best Seller," katanya menunjukkan sebuah buku bertuliskan namanya dengan judul Gokkusagi Askerleri di Daily Coffee Shop, Epicentrum, Kuningan Jakarta, Senin 11 Februari 2013.

Gokkusagi Askerleri ternyata berarti Laskar pelangi dalam bahasa Turki. Andrea meyakinkan bahwa ketika seorang penerbit mencantumkan label Internasional Best Seller itu, penerbit akan mempertaruhkan integritasnya. Sehingga mencetak tiga kata yang sangat membanggakan itu perlu banyak perjuangan. "Di luar, penerbit ada aturannya kalau mau cantumkan Internasional Best Seller," kata pria bertopi itu.

Menurut Andrea, penerbit biasanya melakukan berbagai pengamatan untuk menyandang Internasional Best Seller. Salah satu aturan mendapat gelar buku itu, adalah buku itu harus tersebar di 50 negara di dunia. "Selain itu, juga harus menjadi best seller di 80 persen daerahnya," kata pria asal Belitong itu.

Karya pertama Andrea, Laskar Pelangi ternyata sudah membuka pintu sastra Indonesia di dunia Internasional. Buku ini sudah diterjemahkan di berbagai negara. Penerbit Hanser-Berlin di Jerman menerbitkan buku yang terbit pada 2005 itu dengan judul Die Regenbogen Truppe. Di Australia dan Selandia Baru buku yang sudah difilmkan itu berjudul The Rainbow Troops. Dan masih banyak nama Laskar Pelangi dalam berbagai bahasa asing lain.

Sampai saat ini buku Laskar Pelangi sudah diterbitkan di 33 negara di dunia, namun jumlah itu akan terus bertambah. "Tahun 2013 ini akan ada 46 lagi negara yang menerbitkan Laskar Pelangi. Jadi tahun ini jumlahnya akan genap 79 negara," kata Andrea.

MITRA TARIGAN


Anda sedang membaca artikel tentang

Laskar Pelangi Jadi Buku Best Seller Internasional

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2013/02/laskar-pelangi-jadi-buku-best-seller.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Laskar Pelangi Jadi Buku Best Seller Internasional

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Laskar Pelangi Jadi Buku Best Seller Internasional

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger