Apa Kata Rhoma Irama Soal Musik India  

Written By Unknown on Minggu, 09 Desember 2012 | 10.20

Minggu, 09 Desember 2012 | 09:44 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Bila mendengar alunan musik dangdut, hampir semua orang pasti menyamakannya dengan musik dari India. Tapi pedangdut senior Rhoma Irama tak menerima sepenuhnya anggapan itu.

Dalam sebuah workshop terkait pembahasan dangdut sebagai warisan asli Indonesia yang digelar di Jakarta, Jumat, 23 November 2012, Rhoma mengungkapkan bahwa musik dangdut berbeda dengan musik dari India.

"Saya bisa membuktikan mana musik India, mana Indonesia (dangdut). Bahkan ada lagu saya diadopsi oleh orang India, kok," ujarnya.

Menurut pria berjulukan Raja Dangdut ini, sejarah perkembangan musik dangdut di Indonesia sangatlah kompleks. Semua berawal ketika budaya Arab hijrah ke Tanah Air, yang kemudian melahirkan musik gambus.

Kemudian pada 1970-an, Rhoma bersama grup musiknya, Soneta, membuat terobosan dengan mengelaborasi musik gambus, Melayu, keroncong, bahkan rock menjadi musik dangdut. Pengadopsian musik India disebut-sebut lantaran musik dangdut menggunakan tabla, sebuah alat musik dari India.

"Jadi, kalau bilang dangdut itu dari India, salah. Dangdut is Indonesia, India is India," ujar pria yang tengah ramai dibicarakan sebagai calon presiden Indonesia pada Pemilu 2014 ini.

Rhoma mengklaim dirinya sebagai pionir musik dangdut kontemporer. Sebab, dialah orang yang pertama kali memainkan musik dangdut dengan gitar elektrik, ciri khas musik rock pada zaman itu. "Saya sebagai pelaku sejarah yang merevolusi sebuah genre (musik) baru," katanya.

Inisiatif untuk menambahkan gitar berdistorsi, menurut Rhoma, karena kegelisahannya terhadap musik-musik keroncong dan Melayu yang hampir tergerus oleh budaya Barat. Makanya, kata dia, jangan heran bila mendengar lagu Soneta pada era 70-an seirama dengan lagu-lagu band rock lawas, seperti Deep Purple.

YAZIR FAROUK

Terpopuler:
Alasan Kajol Tak Ikut Konser Shah Rukh Khan
3 Artis Cantik Bollywood Ini Temani Shah Rukh Khan
Ke Indonesia, Shah Rukh Khan Tanpa Kajol
Lelah, Shah Rukh Khan Ketiduran Sebelum Konpres
Ke Indonesia, Shah Rukh Khan Sewa Pesawat Pribadi
Konser Shah Rukh Khan Ternoda oleh Ulah Pencopet
Tiket Shah Rukh Khan Paling Mahal Rp 12 Juta
Kisruh Konser Shah Rukh Khan
Shah Rukh Khan Pingin Ajak Psy ke India
Shah Rukh Khan Akan Nyanyi Chaiyya-Chaiyya


Anda sedang membaca artikel tentang

Apa Kata Rhoma Irama Soal Musik India  

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2012/12/apa-kata-rhoma-irama-soal-musik-india.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Apa Kata Rhoma Irama Soal Musik India  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Apa Kata Rhoma Irama Soal Musik India  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger