Sungha Jung, Gitaris Asal Korea yang Mempesona

Written By Unknown on Sabtu, 17 November 2012 | 10.20

Sabtu, 17 November 2012 | 07:30 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Nama Sungha Jung mungkin tak sepopuler bintang K-Pop lainnya di Indonesia. Tapi kemahirannya bermain gitar membuat pemuda berusia 16 tahun ini tenar di dunia maya.

Awalnya pada 2008, Sungha mengunggah video bermain gitar di situs jejaring sosial Youtube. Rupanya kemampuan menerjemahkan lagu-lagu populer dalam aransemen gitar akuistik Sungha banyak disukai penonton. Hingga Ia menjadi benar-benar melejit karena menggunggah "My Heart Will Go On" dari soundtrack film Titanic dan menjadi bahan pembicaraan di Youtube.

Sungha pun dilirik label rekaman dan sponsor. Dan pada usia yang belum genap 17 tahun, Ia sudah tur keliling dunia, memiliki dua album dan berkolaborasi dengan musisi ternama. "Lima tahun terakhir dalam kehidupan saya memang berbeda," ujar Sungha dalam konferensi pers di Balai Kartini, Jumat 16 November 2012.

Sebagai musisi yang bermain musik, Sungha tidak terlalu fokus pada penampilan. Ia mengenakan baju yang sama saat konferensi pers di siang hari pukul 14.00 WIB maupun konser selama dua jam dari pukul 19.00 WIB di Balai Kartini. Sungha juga tak banyak bicara selama konser, tak seperti bintang K-Pop lain yang rajin membuat fan service.

Sebelum memainkan gitar, remaja pria ini selalu menyebutkan judul lagu dan kenapa Ia menyukainya. Tak ada dialog interaktif atau mengajak penonton naik ke panggung. Sungha hanya sekali membalas teriakan "I Love You" dari penonton dengan "I Love You Too". Sisanya Ia fokus dengan gitar.

Tapi justru kelugasan itu yang membuat penonton terpesona. Karena sentuhan jari Sungha di gitar maupun ukulele sanggup membius 1500 penonton Jumat malam 16 November 2012. Sungha membuat hadirin terdiam dan sesekali teriak serta bertepuk tangan waktu Ia memainkan instrumen dengan nada-nada yang lebih rumit.

Untuk urusan betot gitar, pemuda yang belajar gitar sejak 6 tahun itu, sudah diakui dunia dan tentunya Korea. Pada 2010, Ia berhasil mendapatkan penghargaan International Instrumentalist dari International Young Artist Award ke 31, dan tahun ini Ia meraih penghargaan "No Barriers No Wall Impact Award".

Soal gaya dan cuap-cuap di depan khalayak, Sungha memang kalah di banding artis K-Pop lain. Tapi urusan gitar akuistik, bolehlah ditelusuri lewat Google dan Youtube kepiawaiannya.

DIANING SARI

Berita Lain:
Polisi:Sekolah Mewah Harusnya Buat Parkir Basement
544 Kecelakaan di Jakarta Selatan Hingga Oktober
Main Film, Trio Macan Rela Lompat ke Sungai
Barca Tunggu Tekanan dari Madrid
Parlemen Jepang Dibubarkan


Anda sedang membaca artikel tentang

Sungha Jung, Gitaris Asal Korea yang Mempesona

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2012/11/sungha-jung-gitaris-asal-korea-yang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sungha Jung, Gitaris Asal Korea yang Mempesona

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sungha Jung, Gitaris Asal Korea yang Mempesona

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger