Menyulap Genteng Menjadi Alat Musik

Written By Unknown on Senin, 05 November 2012 | 10.20

Senin, 05 November 2012 | 05:21 WIB

TEMPO.CO , Majalengka - Genteng dijadikan alat musik? Mungkin kita baru mendengarnya. Biasanya, genteng hanya digunakan sebagai alat peneduh rumah.

Tetapi masyarakat Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, bisa ''menyulap'' genteng menjadi alat musik. Sabtu, 3 November 2012 lalu, mereka membuat genteng mampu menghasilkan bunyi-bunyi yang merdu. Saat itu, sekitar 1.500 orang dari berbagai usia berkumpul di bekas pabrik gula Jatiwangi, Majalengka.

Mereka terdiri dari siswa Sekolah Dasar di 16 desa di Kecamatan Jatiwangi, siswa SMP dari 5 sekolah, siswa MAN, guru-guru se-kecamatan Jatiwangi, pamong desa, ibu-ibu PKK, karang taruna, camat, polsek, koramil dan berbagai unsur masyarakat lainnya.

Masing-masing memegang sebuah genteng lengkap dengan stiknya. Setelah dikomandai, secara serempak mereka memukulkan stik ke genteng. Setiap orang menyesuaikan pukulan ke genteng sesuai dengan petunjuk sebelas instruktur yang disiapkan.

Ketua panitia, Beben Nurberi menjelaskan harmonisasi ketukan bisa tercapai sehingga menghasilkan rampak 1.500 perkusi genteng karena mereka sudah berlatih selama 2 minggu. "Latihan dilakukan di tiap unsur penabuh secara terpisah dengan jadwal pagi, siang dan sore hari," katanya. Latihan didampingi oleh sebelas instruktur perkusi.

Diselenggarakannya rampak 1.500 perkusi, menurut Beben, mereka ingin memperlihatkan di Kabupaten Majalengka, khususnya Jatiwangi, memiliki potensi tanah liat. Tanah liat inilah yang kemudian dijadikan genteng. "Karenanya tak heran hingga kini Jatiwangi dikenal sebagai daerah pemasok genteng berkualitas tinggi di Indonesia," katanya.

Tidak cukup rampak 1.500 perkusi genteng, yang rencananya akan dicatatkan dalam museum record Indonesia (MURI), hingga 17 November mendatang diadakan juga berbagai kegiatan dalam rangkaian acara Ceramic Music Festival. Mulai dari pameran keramik di Galery Jaf Jatiwangi, seminar musik dan lokalitas.

Festival ini menghadirkan seniman musik dan keramik asal Amerika, Singapura dan Indonesia. "Mereka tinggal bersama dengan warga dan berkolaborasi membuat karya seni musik keramik, alat dan lagu.

IVANSYAH

Berita terpopuler lainnya:
Mirip Kate Middleton Wanita Ini Mendadak Terkenal
Kate Moss Bongkar Penderitaan di Dunia Modeling
Creed Belum Turun Panggung, Penonton Bubar
Apa Arti Angka 7 buat Rihanna  


Anda sedang membaca artikel tentang

Menyulap Genteng Menjadi Alat Musik

Dengan url

http://pensiaktraksi.blogspot.com/2012/11/menyulap-genteng-menjadi-alat-musik.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Menyulap Genteng Menjadi Alat Musik

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Menyulap Genteng Menjadi Alat Musik

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger